Facebook Ads adalah fitur untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page yang target konsumennya dapat ditentukan agar iklan dapat efektif untuk penjualan. Facebook sendiri merupakan situs jejaring sosial dengan platform yang memungkinkan para penggunanya untuk menciptakan halaman pribadi, menambahkan teman, serta mengirim pesan.
Situs jejaring sosial Facebook memiliki pengguna dengan lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia, sehingga dapat dikatakan bahwa Iklan Facebook merupakan iklan dengan jangkauan yang luas hingga dapat mencapai target 1 miliar pengguna di seluruh dunia.
Dalam iklan Facebook, para pengiklan sebelumnya harus memiliki halaman Fan Page yang memungkinkan untuk para pengguna Facebook lainnya memberikan LIKE atau menjadi penggemar atas Fan Page tersebut, dan Fan Page tersebut dapat berupa perusahaan, produk layanan, individu, merek dagang, dan lain sebagainya.
Dalam perancangan iklannya, para pengiklan dapat dengan spesifik mengatur target pasar yang ingin mereka tuju, seperti wilayah geografi, gender atau jenis kelamin, umur, hal yang disukai, status pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya, dan setelah pengiklan memilih karakter target iklan apa saja yang akan dipilih, ia akan mengetahui berapa banyak jumlah target iklan mereka, dan hal tersebut membuat iklan yang dibuat menjadi lebih efektif dan tepat pada sasaran agar orang-orang yang memang sedang membutuhkan atau mencari kategori produk yang dijual dapat menemukan FanPage tersebut dengan mudah.
Bagaimana Cara Kerjanya ?
Supaya bisa beriklan di Facebook, kamu harus memiliki Fanpage. Fanpage ini bisa berupa apapun, misalnya untuk bisnis, komunitas, hobi, dan lain-lain. Setelah punya Fanpage, barulah kamu bisa beriklan di Facebook. Untuk akun pribadi, kamu tidak bisa mengiklankan apa yang kamu posting. Maka, meskipun kamu hanya usaha kecil-kecilan, usahakan untuk tetap punya fanpage Facebook supaya suatu hari nanti kamu bisa mengiklankannya. Iklan fanpage ini punya tujuan masing-masing pemasang iklan.
Misalnya ada yang hanya untuk brand awareness, ada yang mau supaya orang ikut memberi Like pada fanpage tersebut, ada pula yang mau supaya terjadi transaksi dari iklan tersebut. Hal ini disebut juga sebagai tujuan Campaign, yang setelah ditetapkan selanjutnya kamu akan diberikan pilihan target audiens, mulai dari gender, bahasa, letak geografis, status pernikahan, status pendidikan, hal yang disukai, dan lain-lain. Selain bisa mengatur jenis campaign dan target audiens, kamu pun bisa mengatur jadwal kapan kamu mau iklan tersebut muncul. Berapa hari, dari hari apa sampai hari apa, dan berapa budget yang akan kamu tetapkan untuk periode campaign tersebut.
Apa Keungulannya ?
Dengan target audiens yang sangat spesifik ini, tentu sasaran iklan juga bisa tersampaikan dengan baik dan tepat. Berbeda dengan media konvensional yang pastinya tidak bisa dispesifikasi target audiensnya sehingga siapapun bisa melihat iklan tersebut. Bisa-bisa kamu malah salah menempatkan iklan dan akhirnya keinginan tidak tersampaikan.
Selain itu, di Facebook Ads kamu bisa menyetel sendiri berapa budget yang kamu mau untuk periode campaign yang sedang dipasang. Berbeda dengan media konvensional yang langsung mematok harga begitu mau memasang iklan. Dengan budget yang bisa ditetapkan sendiri, kamu jadi bisa memasang iklan dengan biaya seminim mungkin tapi tetap bisa menjangkau target audiens yang tepat.
source : www.pinixmediadigital.com